RSS

Cara memperbaiki MBR yang error di Windows 7, Vista dan XP

15 Nov

Cara memberbaiki MBR (Master Boot Record) Error di windows, Jika sistem kita MBR nya rusak/korup karena virus atau komputernya tiba2 mati (listrik padam, dll) bisa menjadi salah satu penyebab MBR di harddisk menjadi rusak. Dan sistem di komputer tidak bisa dimuat dan terjadilah error MBR yang kesalahan muncul seperti ini:

  • Error in loading operating system
  • Missing operating system
  • Invalid partition table

Kita juga bisa mendapatkan error diatas karena dikomputer kita mempunya 2 atau lebih sistem operasi dan jika kita menghapus salah satu sistem operasi di komputer kita (seperti windows 7 dan linux misalnya), Karena tidak ada boot loader dari sistem operasi maka akan menghasilkan salah satu dari pesan kesalahan tersebut di atas.

Dan jika komputer pas waktu dihidupkan muncul error seperti salah satu diatas, besar kemungkinan telah terjadi kerusakan di MBRnya. Bila komputer pertama kali dihidupkan program pertama akan memuat BIOS (Basic Input Output System). BIOS juga membutuhkan alamat memori dari mana ia dapat memuat program Boot yang dikenal sebagai MBR (Master Boot Record) atau Master Boot Sektor atau Boot Sektor yang memulai pengolahan lebih lanjut. Lokasi yang tepat dari boot record yaitu di silinder 0, head 0 dan sektor 1 yang merupakan ruang pertama yang tersedia pada harddisk. MBR berisi semua informasi yang diperlukan untuk loading sistem operasi.

Kadang pengguna mempunyai fikiran jika MBR yang rusak itu maka harus dilakukan penginstall ulang windows nya, ini tidak sepenuhnya diperlukan install ulang windows, dikarenakan kita cukup memperbaiki saja MBR yang rusak ini, adapun langkah2 untuk memperbaiki error MBR di windows:

Cara memperbaiki MBR di windows XP:

    1. Pertama Restart komputernya, kemudian masukan CD/DVD windows XP ke CD-Rom drive ( kalo ada flashdisk yang berisi windows xp juga bisa dipakai sebagai pengganti CD/DVD )
    2. Setelah proses booting dimulai pilihlah opsi dibawah cukup tekan tombol huruf R, untuk mulai memperbaiki windows.

    1. Setelah Recovery Console nya muncul, tekan angka 1 (sesuaikan dengan instalasi windows masing2) dan tekan Enter, Masukkan password Administrator jika ada, jika tidak ada password cukup menekan tombol Enter.

    1. Setelah kita berada pada mode Command Prompt, ketik perintah: fixmbr dan tekan Enter, MBR kita akan diganti dengan MBR yang baru, Kita juga bisa mengetikkan perintah: fixboot, untuk memperbaiki boot sector yang rusak.

Catatan: Pastikan hanya satu operating sistem saja yang terinstall didalam komputernya jika menjalankan perintah2 diatas, jika ada lebih dari 1 operating sistem dan kita menjalankan perintah fixmbr dan fixboot dapat mengacaukan sistemnya.

Cara memperbaiki MBR di windows 7 dan Vista:

    1. Masukkan CD/DVD windows 7 atau vista kalian ke Cd-Rom drive dan boot dari CD/DVD ( kalo ada flashdisk windows 7 atau vista bisa digunakan untuk menggantikan boot dari CD/DVD )
    2. Pilih Bahasa (language), Time (Waktu), mata uang (currency) dll, dan klik tombol Next, kemudian klik pada “Repair your computer

  1. Pilih opsi memperbaiki (repair) sistem operasi dan klik tombol Next, sekarang didalam jendela System Recovery Options nya pilih Command Prompt.
  2. Untuk Windows Vista didalam command prompt nya jalankan perintah : bootrec.exe diikuti dengan menekan tombol Enter
  3. Untuk Windows 7 didalam jendela command prompt ketikkan perintah: bootsect /nt60 C:\, dengan catatan windows nya terinstall dipartisi C:, sesuaikan perintah jika windowsnya tidak terinstall di partisi C:
  4. Setelah Selesai, silahkan keluarkan CD/DVD nya kemudian restart komputernya.

Selesai, sekarang Windows kita akan booting dengan normal seperti semula.

Sumber : http://www.hong.web.id

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15 November 2011 in Windows

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 109 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: